Antisipasi Kriminalitas, Polsek Warunggunung Patroli Rutin

Bersih.Id Lebak – Kepolisian Resor (Polres) Lebak Polda Banten melalui Polsek Warunggunung melaksanakan patroli ke Kampung-kampung dengan mendatangi rumah warga. Tak hanya berenti di situ, mereka juga aktif berkeliling ke beberapa Desa-desa yang ada di Kecamatan Warunggunung. Program patroli rutin tersebut dilakukan untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Wilayahnya, Sabtu 30 November 2019 sekira pukul 00.30 Wib.

Kegiatan patroli rutin itu langsung dipimpin oleh Kapolsek Warunggunung Komisaris Polisi (Kompol) Yuhasman, dalam patroli tersebut ia ditemani oleh empat (4) orang anggota Polseknya.
“Patroli ini dalam rangka meningkatkan kinerja kepolisian untuk melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat. Intinya mencegah timbulnya kejahatan dan kriminalitas.’’tegas Yuhasman.

Dalam kegiatan patroli kewaspadaan, kepekaan anggota Porli memang harus open dan teliti. Sekira dalam rute yang telah ditentukan menemui hal yang kurang pas atau tidak wajar. Seperti di beberapa ruas jalan desa yang memang kondisinya belum ada penerangan.
“Open dan peduli untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan harus dilakukan anggota Porli, karena kita tak hanya patroli keliling, tapi harus melihat kondisi yang terjadi di lingkungan masyarakat. Kalau ada warga yang belum tidur dan berkumpul anggota kepolisian harus aktif untuk menyambanginya.”terang pria berpangkat mawar satu dipundaknya itu.

Disamping menlaksanaka patroli rutin, Kapolsek juga memberikan arahan kepada anggota patroli dan juga masyarakat. Tujuannya agar bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan lingkuannya.“Dengan meningkatkan patroli dialogis, pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat. Kemudian dapat diperoleh juga informasi dan kasukan dari masyarakat terkait kondisi Kamtibmas sesuai wilahanya.’’ujar Yuahasman.

Yuhasman juga memberikan catatan terkait kondisi gelapnya jalan desa yang ada di Kampung Kanaga karena belum adanya penerangan. Dalam diskusinya dengan Iriyanto (40) tahun salah satu tokoh pemuda di Kampung Kanaga. Yuhasman sempat menanyakan terkait situasi keamanan di jalan desa yang ia lewatinya. Dirinya juga sangat terbuka
seandainya anak-anak muda atau warga ingin berkomunikasi dua arah. Bahkan Yuhasman bersedia menyempatkan waktu luang seandainya masyarakat meminta kami hadir di tengahnya. Ia bersama anggotanya sangat bersedia memberikan pemahaman terkait pemahaman Kamtibmas.

“Nanti bisa ngobrolnya sambil ngopi santai di Pos Kamling, kalau anak mudanya aktif dan peduli terhadap lingkungan insa allah kejahatan akan sedikir. Kita kumpul dan menyalakan api saja itu bisa membuat orang yang hendak mencuri bisa taku, artinya ada kehidupan.’’tutur Yuhasman.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Banten Komisari Besar Pollisi (Kombes-Pol) Edy Sumardi mengatakan bahwa patroli dialogis yang dilakukan oleh jajaranya memang sebagai upaya Kepolisian dalam mencegah timbulnya kejahatan di masyarakat. Edy berharap dengan hadirnya polisi di tengah-tengah masyarakat, mereka merasa aman dan nyaman.
“Kita jemput bola,Ini salah satu upaya Polda Banten dalam menekan kejahatan dan berkembangnya paham radikalisme tumbuh di masyarakat,”tutup Kombes Pol Edy Sumardi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *