Akbar Tandjung Sambut Gembira Rencana Rapimnas I SOKSI

Akbar Tandjung saat menerima audiensi Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI), Rabu (9/1/2019), yang dipimpin Ketua Umum Depinas SOKSI Ali Wongso Sinaga di Jakarta. (Foto: Ist)

Jakarta, BERSIH.ID –Tokoh senior Partai Golkar yang juga Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tandjung, menyambut gembira rencana pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Tahun 2019 yang bakal digelar di Jakarta pada 25-27 Januari 2019. Politisi senior yang juga Ketua Umum Golkar di masa-masa sulit era gerakan reformasi 1998 itu, bahkan memastikan akan hadir memberikan materi kepada para pemimpin SOKSI dari seluruh provinsi di Indonesia yang akan berkumpul dalam arena Rapimnas.

Sikap responsif terhadap rencana Rapimnas I SOKSI itu ditunjukkan Akbar Tandjung saat menerima audiensi Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI), Rabu (9/1/2019), yang dipimpin Ketua Umum Depinas SOKSI Ali Wongso Sinaga di Jakarta. Hadir mendamping Ali Wongso jajaran Depinas SOKSI hasil Musyawarah Nasional X Tahun 2017 antara lain Wakil Ketua Umum Erwin Ricardo Silalahi/Plt Ketua Depidar SOKSI DKI Jakarta, Ketua Bidang Organisasi Anshari Wiria, Ketua Bidang Litbang Viktus Murin, Bendahara Umum Minadi Pujaya, Wakil Sekjen (Dondy Chandra Kusuma dan Ahyan Septiani). Ikut hadir, Ketua Harian Depidar SOKSI DKI Jakarta, Mikael Mali, dan Sekretaris Depidar SOKSI DKI Jakarta, Elfrans Golkari.

Dalam audiensi selama sekitar dua jam di kantor Akbar Tanjung Institute, Ketua DPR RI periode 2004-2009 itu memberikan pandangan-pandangan ideologis berkaitan dengan eksistensi dan perjuangan Golkar semenjak kelahirannya tahun 1964 yang masih bernama Sekber Golkar, hingga pada masa sekarang ini saat sudah menjadi partai politik. Dia berharap agar SOKSI sebagai salah satu pendiri Sekber Golkar, selain Kosgoro dan MKGR terus menjaga eksistensi dan meningkatkan ikhtiar perjuangan ideologisnya guna menopang kebesaran Partai Golkar saat ini.

Akbar Tandjung saat menerima Depinas SOKSI yang dipimpin Ketua Umum Ali Wongso Sinaga. (Foto; Ist)

Menurut Akbar, Golkar merupakan kekuatan politik utama yang menopang pembangunan nasional sebagai perwujudan pengamalan Pancasila. “Dasar dan arah perjuangan Golkar tidaklah berdasarkan pada politik aliran tertentu, tetapi lebih pada melaksanakan pembangunan sebagai manifestasi dari Pancasila. Tujuan perjuangan Golkar inilah yang seharusnya menjadi tujuan dari perjuangan SOKSI,” tegas Akbar yang sukses menjadi menteri pada beberapa pos kementerian semasa pemerintahan Presiden Soeharto, diantaranya Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Menteri Negara Perumahan Rakyat, dan Menteri Sekretaris Negara.

Akbar menekankan pentingnya konsolidasi SOKSI dalam rangka memperjuangkan kemenangan Partai Golkar pada Pemilu Legislatif dan pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019. Dia tetap mengungkapkan optimismenya bahwa Partai Golkar mampu mempertahankan posisinya di parlemen sebagai partai dengan kursi terbanyak kedua. “Bahkan kita pun harus yakin suatu waktu nanti Partai Golkar akan menjadi kekuatan politik dengan kursi terbanyak di DPR sebagaimana yang pernah terjadi dulu. Target perolehan 110 kursi di parlemen membutuhkan dukungan dari semua organisasi yang berafiliasi dengan Partai Golkar, diantaranya SOKSI,” tegas Akbar.

Di sela-sela diskusinya dengan pengurus Depinas SOKSI dalam audiensi tersebut, Akbar bahkan menceritakan sekilas pengalaman pribadinya pada masa-masa perjuangan yang sulit di tahun 1960-an, ketika dia masih menjadi aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Kenangannya pada masa-masa sulit itu diakui Akbar terekam hingga kini di benaknya. Saat itu, ketika kalangan Partai Komunis Indonesia (PKI) melakukan manuver dan tekanan politik untuk membubarkan HMI, tidak banyak kekuatan politik yang secara terang-terangan membela HMI agar tidak dibubarkan. Diantara yang sedikit itu, SOKSI secara terang-terangan dan terbuka membela HMI agar tetap berdiri sebagai organisasi mahasiswa yang sah di Indonesia. “Jadi, secara pribadi, saya selalu merasa dekat dengan SOKSI,” ucap Akbar.

Sementara itu, Ketua Umum Depinas SOKSI Ali Wongso Sinaga yang juga Caleg DPR RI Partai Golkar Dapil-3 Sumatera Utara, menyampaikan bahwa pihaknya sedang berikhtiar untuk dapat beraudiensi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, guna melaporkan persiapan penyelenggaraan Rapimnas I Tahun 2019. Selain itu, Depinas SOKSI telah mengirimkan surat ke beberapa menteri Kabinet Kerja untuk melakukan audiensi membahas agenda Rapimnas.

(Foto Istimewa) – Suasana audiensi Pengurus Depinas SOKSI Hasil Munas X SOKSI Tahun 2017, dengan Tokoh Senior Partai Golkar Akbar Tandjung, Rabu sore 9/1/2019, yang berlangsung di Kantor Akbar Tandjung Institute).

Kepada Akbar Tandjung, Ali Wongso memastikan bahwa dalam forum Rapimnas tersebut, SOKSI akan membahas dua agenda utama, yakni konsolidasi struktural organisasi SOKSI sebagai bagian dari konsolidasi slag-orde Partai Golkar, dan strategi SOKSI untuk memenangkan Partai Golkar sekaligus pemenangan Jokowi-Ma’ruf pada Pemilu 2019. Depinas SOKSI, lanjut Ali Wongso, melalui Rapimnas akan membahas secara mendalam strategi menata pelembagaan proses kaderisasi dan keanggotaan sebagai kekuatan utama eksistensi SOKSI.

“Mengingat strategisnya forum Rapimnas di tahun politik ini, maka Depinas SOKSI tentu sangat bergembira karena Bang Akbar selaku tokoh senior dan panutan bagi keluarga besar Partai Golkar, telah menyatakan kesediaan untuk hadir dan memberikan materi pada forum Rapimnas nanti,” ucap Ali Wongso dengan takzim kepada Akbar Tandjung. **

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *