Perinus dan BUMN Berbagi Kasih di Ambon, Maluku

Direktur Keuangan, SDM dan Umum PT Perikanan Nusantara (Perinus) Ridwan Zachrie foto bersama Deputi BUMN dan jajaran direksi BUMN setelah menanam pohon bersama). (Foto: Istimewa)

Ambon, BERSIH.ID — Menyambut Natal dan Tahun 2019 “BUMN Berbagi Kasih” dengan memberikan santunan kepada Anak Panti Asuhan serentak di 15 kota di Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk nasrani (Kristen dan Katolik).

Perinus bersama dengan Jasa Raharja, Bank BNI dan ASDP ikut ambil bagian dalam kegiatan sosial tersebut yang termasuk bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Ambon, Maluku, Jumat (21/12/2018).

Acara berbagi kasih ini diberikan kepada 600 anak panti asuhan yang tersebar di kota Ambon. Selain itu, bantuan untuk Gereja Betsheda, Gereja Ebenheizer Batu Karang, Panti Asuhan Caleb House, Yayasan Pelita Kasih, SLB Leliana, dan Panti asuhan Maria Mediatrix dengan total sebesar 600 juta. Bantuan ini diberikan oleh Jasa Raharja, Bank BNI, ASDP, dan Perikanan Nusantara (Perinus).

Direktur Keuangan, SDM dan Umum PT Perikanan Nusantara (Perinus) Ridwan Zachrie mengatakan bahwa partisipasi Perinus dalam kegiatan “BUMN Berbagi Kasih” merupakan wujud sinergi BUMN dengan melakukan kegiatan bersama memperingati Hari Raya Natal bersama anak-anak di Panti Asuhan Caleb House dan Acara puncak yang dilaksankan di Baileo Siwalima di Ambon.

“Kegiatan yang berjalan meriah dalam suasana khidmat ini memberikan kesan yang sangat mendalam dimana keberhasilan pencapaian BUMN di berbagai sektor juga di-sharing dalam bentuk kebersamaan dan kebahagiaan di tengah umat Nasrani di Ambon yang merayakan Natal,” ujarnya.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro, dan Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra turut serta hadir dalam acara ini. Di depan anak-anak, mereka mengungkapkan pada bahwa mereka juga berasal dari wilayah Timur Indonesia. Aloysius dan Hambra tampak aktif bersenda gerau bersama para anak panti asuhan

Dia menjelaskan, bantuan disalurkan ke banyak pihak seperti kepada anak-anak yatim dan terkait rumah adat. Nelayan dan Universitas Pattimura pun juga mendapat bantuan.

Acara pertama dilaksankan di Panti Asuhan Caleb house, dimana seluruh direksi BUMN yang berada di Kota Ambon turut berpartisipasi. Para Deputi dan Direksi BUMN ambil bagian dalam kerja bakti dan menanam pohon bersama.

Para hadirin disambut dengan penuh sukacita oleh para anak-anak panti. Terlihat mereka membawakan beberapa puji-pujian dan puisi untuk para hadirin yang datang. Acara selanjutnya berada di Balieo Siwalima Ambon dengan mengambil tema “SPACE” sebagai arti bahwa anak-anak dibebaskan untuk memilki cita-cita setinggi langit meski dalam keterbatasan.

Acara ditutup dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung inkubator bisnis di Universitas Pattimura dengan nilai proyek Rp 10 miliar yang disokong 11 BUMN.

Deputi Infrastruktur Bisnis, Hambra dalam sambutannya mengatakan, sebagai putra daerah dan alumni Unpatti dirinya menyambut baik partisipasi BUMN bersinergi dengan dunia akademik dalam hal ini dengan Unpatti.

“Salah satu fokus Unpatti adalah dalam pengembangan maritim dan kelautan. Karena itu, Perinus yang mempunyai wilayah operasi kerja di Ambon dan Indonesia Timur diharapkan dapat bersinergi dengan Unpatti,” ujar Hambra.

Daftar bantuan yang diberikan BUMN, sebagai berikut:

  1. Pembangunan Dermaga/Tambatan Perahu Dusun Ketapang Loki, Kec. Huang Mual: Rp 1 miliar (Jasa Raharja).
  2. Bantuan untuk Gereja Bethsaida, Gereja Ebenheizer Gunung Nona, Panti Asuhan Caleb House, Yayasan Pelita Kasih, SLB Leliana, dan Panti Asuhan Maria Mediatrix): Rp 600 juta (Jasa Raharja, BNI, ASDP, Perinus).
  3. Pembangunan Pemukiman Masyarakat Adat – Bantuan perbaikan 28 rumah adat Suku Mausu di Maluku Tengah melalui Kodam XIV Pattimura: Rp 1,37 miliar (Jasa Raharja, BNI, ASDP, dan Perinus). (Very)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *