Menteri PUPR Basuki Menerima Anugerah Hamengku Buwono IX Dari UGM

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Menerima Anugerah Hamengku Buwono IX, dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Puncak Dies Natalies ke-69, di Grha Sabha Pramana UGM, Rabu, 19/12

YOGYAKARTA (bersih.id) — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Anugerah Hamengku Buwono IX, dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada puncak Dies Natalies ke-69, yang diselenggarakan di Grha Sabha Pramana UGM, Rabu, 19/12.

Turut hadir dalam acara penganugerahan tersebut yakni Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menteri Sekretariat Negara Pratikno yang juga Ketua Majelis Wali Amanat UGM Pratikno, Ketua Dewan Guru Besar UGM Koentjoro, Ketua Senat Akademik UGM Hardyanto, Rektor UGM Panut Mulyono, para Guru Besar dan anggota Senat Akademik UGM, serta 2500 tamu undangan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UGM yang telah memilihnya sebagai penerima Anugerah Hamengku Buwono IX. “Saya merasa sangat bangga dan terhormat atas penganugerahan dari UGM ini. Saya yakin dan berharap, anugerah ini diberikan bukan karena saya teman Pak Pratikno dan Pak Panut, bukan pula karena saya alumni UGM, tapi lebih kepada peran saya sebagai Menteri PUPR, pembantu Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan visi dan misi beliau membangun infrastruktur PUPR di seluruh pelosok Nusantara. Karena hanya dengan perintah beliau saya bisa berperan seperti sekarang,” jelas Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengaku sangat didukung oleh segenap pegawai Kementerian PUPR. “(Untuk itu) Saya dedikasikan penuh anugerah ini kepada keluarga besar Kementerian PUPR, yang telah bekerja keras tanpa pamrih dalam membangun infrastruktur yang handal untuk meningkatkan daya saing, mempersatukan bangsa dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tegas Menteri Basuki.

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, menjelaskan, sebagai bentuk tanggungjawab atas anugerah Hamengku Buwono IX ini, Menteri Basuki akan menjadikannya sebagai pagar untuk terus melaksanakan tugas pada koridor yang baik dan benar, sehingga bisa menjadi contoh bagi generasi muda sebagai penerus di Kementerian PUPR.

Sementara Rektor UGM Prof. Panut Mulyono mengatakan, Menteri PUPR mampu meneladani sosok Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang memiliki sifat merakyat, sederhana, demokratis, dan berjuang tanpa pamrih demi kemajuan serta kejayaan bangsa. Sosok Menteri Basuki, lanjutnya, mudah menyatu dengan masyarakat. Tak hanya soal infrastruktur, Basuki juga piawai dalam bidang kesenian, termasuk dalam bermusik.

Pemberian Anugerah tertinggi dari UGM ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor UGM Nomor 2087/PM1.P/SK/Th.2018 tentang Pemberian Anugerah Hamengku Buwono IX kepada Menteri Basuki sebagai tokoh yang memiliki jasa besar dalam bidang perencanaan dan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM Prof. Pratikno mengucapkan Selamat atas koleganya di Kabinet Kerja. Pratikno mengatakan bahwa ia dan timnya telah mengecek rekam jejak Menteri Basuki yang menurut rekomendasi dari KPK, Kejaksaan Agung dan Bareskrim Kepolisian sudah “clean and clear”.

Turut mendampingi Menteri Basuki antara lain Inspektur Jenderal  Widiarto, Dirjen Bina Marga  Sugiyartanto, Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi AH, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *