Irna Narulita Peringati HUT Pramuka Ke-57 .

Pandeglang (Bersih.id)- Gerakan Pramuka sudah tidak diragukan lagi memiliki peran penting dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa.

Namun, tantangan zaman saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya, oleh sebab itu revitalisasi pada gerakan Paramuka sangat diperlukan untuk menjawab tantangan zaman,

“Pramuka saat ini tidak hanya belajar tentang sandi morse, namun harus dapat mengikuti perkembangan teknologi karena saat ini sudah berada di era digital,” tegas Bupati Irna pada upacara peringatan HUT Pramuka ke-57 tingkat Kabupaten Pandeglang di Alun-alun, Selasa (28/8).

Irna meyakini, dibalik latihan yang dilakukan oleh anggota pramuka, ada nilai unggul yaitu kedisiplinan, ketekunan dan ahlak mulia, “Nilai unggul yang kita miliki ini akan dibutuhkan untuk menjadi bangsa pemenang dan berkarnya, khususnya di Kabupaten Pandeglang,” ungkapnya.

“Generasi muda masakini memiliki karakteristrik berbeda, dan generasi muda saat ini selalu kritis dalam mewujudkan pembangunan bangsa dan negara, ” tandasnya.

Sebelum pelaksanaan upacara peringatan HUT Pramuka ke-57, lebih dahulu dilakukan pelantikan Majelis Pembina Cabang (Mabicab) periode 2017 – 2022 oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Masduki.

Setelah pelantikan Mabicab, selanjutnya pelantikan Kwartir Cabang (Kwarcab) oleh Mabicab Pandeglang Irna Narulita selaku Bupati Pandeglang.

Terpisah, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Pandeglang Dodo Djuanda mengatakan, gerakan pramuka saat ini tetap banyak diminati, dan akan menyesuaikan dengan keadaan saat ini yaitu penerapan keterampilan teknologi,

“Kami punya tim ahlinya saat ini, pemanfaatan teknolgi yang kami lakukan salah satunya untuk menghalau jika ada informasi hoax yang saat ini kerap terjadi,” kata Dodo

Menurut Dodo, perhatian Pemerintah Pandeglang terhadap gerakan Pramuka saat ini cukup tinggi. Hal ini dilihat dari renovasi sarana dan prasarana penunjang gerakan kepramukaaan, “Alhamdulillah salah satunya gedung pramuka yang saat ini sedang diperbaiki,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dodo mengungkapkan, titik berat gerakan kepramukaan itu ada di gugus depan, oleh sebab itu, dirinya akan terus melakukan pembinaan bagi para pembina di gugus depan, ” Kami akan meningkatkan kemampuan pembina di gugus depan, untuk lebih terampil dan handal,” jelas Dodo

Untuk kepengurusan Mabicab masa bakti 2017-2022 sesuai Keputusan Kwartir Daerah nomor 1 tahun 2018 yaitu, Mabicab Bupati Pandeglang, Wakil Mabicab Wakil Bupati Pandeglang, Sekretaris Sekda Pandeglang, Ketua harian para Asisten Daerah.

Sedangkan pengurus Kwarcab Pramuka kabupaten Pandeglang masa bakti 2017 2022, ketua Dodo Juanda, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Muhammad Amri, Wakil Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Alan Sutarlan, Wakil Bidang Organisasi dan Hukum Dadan Kaidah.

Wakil Bidang Usaha dan Koperasi Dulhadi, Wakil Bidang Perlengkapan Sarana dan Prasarana Girgijantoro, Wakil Bidang Humas Yahya Gunawan Kasbin, Sekretaris Puji Widodo, Wakil sekretaris Gugun Gunawan (*Encep Agustiana).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *